5 Khasiat Buah Pisang Yang Tak Pernah Diduga Sebelumnya

5 Khasiat Buah Pisang Yang Tak Pernah Diduga Sebelumnya

Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia adalah buah pisang.

Buah ini tidak hanya dominan tumbuh di Indonesia saja, namun juga tumbuh di beberapa negara lainnya.

Rasanya yang lembut dan manis, menjadikan buah pisang ini menjadi salah satu buah yang bisa diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti pisang goreng, kue pisang hingga kolak pisang.

Selain bisa dimasak menjadi beberapa jenis makanan, buah yang rata rata dagingnya berwarna kuning ini juga ternyata mememiliki banyak khasiat baik untuk tubuh.

Maka tak heran jika orang yang sedang sakit pun banyak mengkonsumsi buah pisang karena pisang banyak mengandung vitamin dan juga mudah dicerna oleh tubuh.

Buah pisang ini banyak mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin A, zat besi, kalium, serat, protein, Niacin, dll.

Tentu saja banyak khasiat yang baik untuk tubuh yang ada pada buah pisang ini. Jika Anda ingin tahu selengkapnya mengenai khasiat dari buah pisang ini, berikut ini adalah 5 khasiat buah pisang yang tidak pernah terduga sebelumnya.

1. Membantu pencernaan pada usus

Didalam buah pisang terdapat serat yang sangat baik untuk pencernaan.

Serat pada pisang ini sangat baik sebagai salah satu obat pencahar yang manjur, jadi kita tidak perlu mengkonsumsi obat pencahar kimia untuk mengatasi masalah sembelit.

Pisang memiliki zat antiinflamasi, yang mana buah ini banyak sekali mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai anti inflamasi.

2. Menjaga kesehatan mata

Selain buah wortel dan juga tomat, ternyata pisang juga merupakan salah satu buah yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan mata.

Kandungan vitamin A yang banyak pada buah pisang serta berbagai macam larutan lemak yang penting didalamnya, menjadikan buah pisang sangat baik peranannya untuk melindungi mata terutama pada bagian korneanya.

3. Mengatasi diabetes

Sebuah penelitian menunjukan bahwasanya diet tinggi serat dimana pisang menjadi salah satu menunya, terbukti bisa meningkatkan lipid serta insulin di mana satu pisang yang berukuran sekitar 3 gram serat bisa dikonsumsi bagi para penderita diabetes tipe 1.

Jadi kita bisa menambahkan buah pisang dalam menu diet diabetes tipe 1.

4. Melancarkan peredaran darah

Didalam buah pisang terdapat kandungan potassium yang baik untuk melancarkan peredaran darah.

Sedangkan kandungan lainnya dalam buah bertekstur lembut ini adalah kalium, yang mana bisa mengatur tekanan darah, serta bisa menekan resiko stroke serta meminimalissr resiko penyakit jantung, atau gagal jantung.

5. Menormalkan fungsi jantung

Selanjutnya, buah pisang juga bisa menormalkan fungsi jantung.

Dalam buah pisang, kaya akan mineral elektrolit kalium, yang mana akan memperlancar aliran darah keseluruh tubuh.

Jika aliran darah lancar, otomatis jantung akan terus berdetak dengan normal.

Kekurangan kalium, akan menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur iramanya, dan hal ini jika dibiarkan terus menerus dapat berakibat fatal yaitu kematian.

Demikian beberapa khasiat buah pisang yang tak pernah terduga.

Kita juga bisa mengkonsumsi pisang dengan bahan makanan lainnya seperti madu atau sereal untuk semakin banyak mendapatkan hasil khasiat yang lebih maksimal.

Semoga bermanfaat.