Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dan Cara Mencegahnya

menggaruk kepala

Gatal pada bagian kepala hingga rambut, tidak hanya bisa disebabkan karena adanya ketombe, kutu rambut pun bisa menjadi salah satu penyebab utama dari masalah gatal pada rambut.

Kutu pada rambut bisa terjadi dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan kulit kepala, sehingga kutu bisa bersarang dan berkembang biak dikepala Anda.

Selain itu, kutu rambut bisa juga menular dari kepala satu ke kepala lainnya, sehingga kutu rambut pun bisa terjadi akibat penularan.

Kutu rambut memang bisa berkembang biak dan menular dengan cepat, namun hal inipun tidak menutup kemungkinan bahwa kutu rambut bisa dihilangkan dan juga bisa dicegah dalam berkembang biak dan bersarang dikepala Anda.

Karena jika kutu rambut bersarang dikepala Anda, maka akan menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu aktivitas dan juga penampilan serta rasa percaya diri Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara dalam mengatasi kutu rambut dan pencegahannya.

1. Menggunakan kacang almond

Kacang almond selain enak untuk dikonsumsi juga sangat baik dalam menghilangkan kutu rambut secara efektif.

Cara menggunakan almond untuk obat kutu rambut adalah dengan merendam terlebih dahulu 10 butir biji almond semalaman, kemudian tumbuk biji almond sehingga menjadi pasta yang pekat.

Campurkan tiga perasan air jeruk lemon, kemudian oleskan krim kacang almond ini secara merata kebagian kepala Anda, tunggu dua jam. Setelah kering, Anda bisa membilasnya menggunakan air dingin.

2. Menggunakan jus lemon

Jus lemon banyak mengandung vitamin C yang tinggi dan efektif dalam menghilangkan kutu rambut secara alami dan juga cepat.

Hal ini dikarenakan sifat asam pada jus lemon ini akan membuat kutu rambut menjadi tidak betah dan akan mati.

Cara menggunakannya adalah dengan memilih jus lemon tanpa gula untuk membasuh rambut Anda. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, lalu bilas menggunakan air hangat.

3. Minyak zaitun

Bahan perawatan tubuh yang satu ini, memang menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk berbagai macam masalah kecantikan. Mulai kulit bahkan hingga rambut.

Salah satunya adalah mampu mengatasi kutu rambut secaraa efektif.

Cara penggunaan minyak zaitun ini sendiri adalah dengan mengoleskannya secara merata keseluruh bagian kepala.

Lakukanlah pada malam hari menjelang tidur, kemudian tutup dengan shower cap. Keesokan harinya, bilas dengan air bersih, dan keramaslah seperti biasanya.

4. Bawang merah

Bawang merah memiliki kandungan sulfur yang bisa dengan efektif mengatasi kutu rambut secara alami.

Untuk penggunaannya juga cukup mudah. Yang pertama adalah dengan memblender bawang merah hingga berbentuk seperti pasta yang kental, kemudian tunggu hingga sampai keluar minyaknya.

Oleskan minyak bawang merah ini secara merata keseluruh bagian kulit kepala Anda, tutup dengan shower cap dan tunggu selama dua jam.

Bilas dengan air hangat hingga bersih. Lalu Anda bisa menyisir rambut Anda dengan sisir khusus kutu agar sisa kutu rambut bisa cepat hilang.

Demikian beberapa cara dalam menghilangkan kutu rambut secara alami yang bisa Anda gunakan.

Untuk mencegah terjadinya kutu rambut, Anda mesti benar-benar dalam menjaga kebersihan kepala, dan hindari kontak langsung dengan orang yang memiliki kutu rambut.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.