Waspadai Penyakit Jantung Pada Wanita

Heart Disease women

Seperti yang sudah diketahui, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang menjadi salah satu penyakit yang susah untuk disembuhkan, terlebih lagi jika sudah memasuki ke tahap yang parah. Penyakit jantung ini sendiri merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi tidak hanya di Indonesia namun di seluruh dunia.

Penyakit jantung dalam dunia medis dikenal sebagai salah satu penyakit Cardiovaskular Disease (CVDS). Simplenya, penyakit jantung ini merupakan salah satu jenis penyakit dimana pembuluh darah yang ada pada jantung, tersumbat.

Sehingga kinerja jantung yang merupakan salah satu organ penting dalam memompa darah bisa terhambat.

Penyakit jantung umumnya diderita oleh pria. Terlabih lagi jika memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

Namun tidak menutup kemungkinan terjadi pula pada wanita. Gejala penyakit jantung pada pria dan wanita ternyata berbeda. Umumnya yang terjadi pada wanita tidak memiliki gejala yang khusus sehingga perlu sekali untuk diwaspadai.

Berikut ini adalah beberapa gejala dari penyakit jantung pada wanita yang perlu diwaspadai.

1. Nyeri pada dada

Nyeri dada pda bagian kiri, merupakan salah satu gejala penyakit jantung yang umum terjadi pria.

Namun berbeda dengan wanita, justru nyeri jantung yang dirasakan akan sering terjadi pada bagian dada sebelah kanan.

Rasa tidak nyaman pada bagian dada sebelah kanan pada perempuan ini, umumnya memiliki rasa sakit yang lebih besar dari nyeri dada yang dialami oleh laki laki.

Biasanya banyak yang menganggap nyeri dada ini justru disebabkan karena terlaalu lelah atau bahkan tidak ditanggapi serius.

2. Nyeri pada bagian tubuh lainnya

Nyeri pada bagian tubuh lainnya yang kerap terjadi pada wanita adalah nyeri pada bagian seperti punggung, lengan, rahang hingga leher.

Nyeri pada bagian tubuh lainnya karena gejala penyakit jantung ini, tidak dialami oleh para pria.

Sehingga para wanita sebaiknya perlu mengetahui bahaya dibalik rasa nyeri tersebut yang merupakan salah satu tanda dari penyakit jantung.

3. Sakit perut

Sakit perut kerap terjadi pada hmpir semua orang. Namun sakit perut yang terjadi akibat gejala penyakit jantung ini, justru banyak yang mengidentifikasikan sebagai salah satu sakit perut karena gejala maagh atau asam lambung yang naik.

Sakit perut akibat gejala penyakit jantung ini, disertai dengan rasa sakit yang luar biasa yang akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa seperti ada beban berat yang menimpa diatas perut anda.

4. Sesak nafas

Gejala selanjutnya yang juga kerap terjadi pada kasus penyakit jantung pada wanita adalah adanya rasa sesak nafas pada tubuh anda.

Hal ini dikarenakan adanya penyumbatan oksigen dalam darah ke bagian paru paru, sehingga penyumpabatan oksigen ke bagian saluran pernafasan ini, akan menyebabkan anda merasakan sesak nafas.

5. Keringat dingin

Berkeringat terjadi karena anda telah menyelesaikan aktifiatas. Namun keringat dingin inilah yang akan menjadikan sebagai salah satu tanda gejala penyakit jantung bila keringat dingin ini tiba tiba muncul walaupun anda tidak merasa gugup atau sibuk dalam beraktifitas.

Demikian beberapa gejala penyakit jantung pada wanita yang perlu untuk anda waspadai.

Jika anda merasakan hal demikian, ada baiknya untuk segera mendapatkan penanganan dokter agar bisa mengatasinya sedini mungkin.