Mengenal Perbedaan Madu Hitam Manis dan Pahit

Sarang lebah madu

Madu bukan menjadi sesuatu hal yang asing lagi bagi kita. Siapa yang tidak mengenal madu? Semua orang tentu saja mengenalnya. Madu dipercaya sebagai obat yang mujarab.

Tapi, tahukah Anda jika ternyata ada madu hitam yang rasanya pahit dan madu hitam yang rasanya pahit? Lalu, sebaiknya Anda mengonsumsi madu yang mana? Pertanyaan semacam itu akan Anda temukan jawabannya pada artikel ini. Artikel ini akan mengajak Anda untuk mengenali perbedaan madu hitam manis dan pahit.

Jadi, jika Anda ingin mengetahuinya lebih mendalam mengenai perbedaan dari kedua madu tersebut, Anda bisa membaca artikel ini hingga akhir!

Perbedaan Rasa

Perbedaan pertama yang sudah jelas dan tentu saja dapat Anda pahami terletak pada rasa.

Madu hitam dengan rasa manis dan madu dengan rasa pahit. Rasa pahit ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi oleh lebah penghasil madu. Lebah penghasil madu mengonsumsi sari bunga dari kuncup pohon. Sari bunga atau nektar tersebut terasa pahit, rasa pahit tersebut yang membuat madu hitam terasa pahit.

Sepahit-pahitnya madu masih akan terasa manis, hanya saja kadar manisnya tidak sedominan rasa pahitnya. Hal ini karena lebah penghasil madu mengonsumsi nektar dari pohon pelawan, paitan, kaliandra, bunga singkong karet, dan juga pohon mahoni.

Perbedaan Khasiat

Perbedaan lainnya atau perbedaan yang kedua terlihat pada khasiat atau manfaat dari madu tersebut.

Madu hitam yang rasanya pahit memiliki khasiat yang lebih banyak daripada madu hitam yang rasanya manis. Jadi, Anda bisa memilih madu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini akan diuraikan manfaat dari madu hitam yang rasanya manis dan madu hitam yang rasanya lebih pahit.

Khasiat Madu Hitam Manis

Perbedaan madu hitam manis dan pahit terletak pada khasiatnya. Khasiat madu hitam manis memang tidak sebanyak madu hitam pahit, tapi bukan berarti madu jenis ini tidak berkhasiat untuk kesehatan tubuh Anda.

Madu hitam manis berkhasiat untuk menyebabkan berbagai macam penyakit kulit, seperti bekas luka gores, luka bakar, bahkan bekas jahitan operasi. Madu ini berfungsi sebagai antibiotika.

Cara menggunakannya Anda cukup mengoleskannya pada bagian bekas luka atau jahitan yang terdapat pada bagian tubuh Anda.

Madu jenis ini juga berkhasiat untuk mengurangi rasa gatal akibat gigitan nyamuk atau serangga. Selain itu, madu jenis ini juga bisa membantu mengobati jerawat Anda.

Madu ini jenis ini juga bisa Anda minum untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Khasiat Madu Hitam Pahit

Setelah panjang lebar membahas khasiat dari madu hitam manis, rasanya akan kurang lengkap jika tidak berbicara panjang lebar mengenai khasiat dari madu hitam pahit.

Madu hitam pahit ini lebih direkomendasikan untuk pengobatan. Ya, madu jenis ini memang khasiatnya lebih banyak untuk kesehatan tubuh. Alasannya karena madu jenis ini mampu mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

Detoksifikasi berarti membuang racun yang mengendap di dalam tubuh Anda. Itulah sebabnya madu jenis ini sangat direkomendasikan untuk pengobatan.

Khasiat dari madu hitam pahit adalah berbagai macam jenis penyakit, termasuk penyakit kronis seperti diabetes, jantung, ginjal, stroke, hipertensi, liver, dan anemia.

Selain itu juga mampu mengobati alergi, lemah syahwat, masalah mata, dan berbagai macam keluhan penyakit lainnya.

Madu ini juga bisa menjadi solusi untuk diet.

Demikian perbedaan madu hitam manis dan pahit.